Parenting Millennial

Mengapa parenting penting? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita identifikasi satu persatu permasalahan anak yang dihadapi orang tua dan masyarakat. Mulai dari yang paling ringan dan sederhana yaitu bagaimana orang tua mampu menerapkan pola asuh yang tepat mulai dari bayi hingga usia balita. Bagaimana orang tua mengatasi tantrum, picky eater, moody, toilet training pada anak balita. Mulai pada usia sekolah bagaimana orang tua mengatasi problem belajar anak, kecanduan gadget, ketidakdisiplinan, motivasi belajar rendah dan lain sebagainya. Kemudian pada usia remaja dan menjelang dewasa permasalahan yang dihadapi bisa saja semakin bertambah dan semakin rumit apalagi jika orang tua menghadapi kenakalan remaja dan perilaku menyimpang.

Program Parenting Millennial setidaknya memberikan gambaran dan cara pandang bagaimana orang tua menghadapi anak-anak di era millennial. Tentu saja dengan perkembangan zaman dan perubahan teknologi yang semakin berbasis digital, kecepatan daya tangkap dan perkembangan psikologis anak dipengaruhi perubahan lingkungan yang ada. Orang tua tak lagi dapat bulat-bulat menerapkan cara didik zaman “baheula” tetapi harus lebih beradaptasi dengan perkembangan zaman. Alih-alih orang tua juga merupakan bagian dari generasi millennial yang tidak lagi hanya belajar melalui pitutur atau pengalaman turun temurun orang tuanya namun orang tua millennial akan lebih banyak mengakses berbagai macam sumber seperti media sosial, website dan mungkin juga forum-forum parenting di sekolah anak-anaknya.

Itulah sebabnya Parenting Millennial menjadi penting untuk lebih banyak disosialisasikan kepada para orang tua dan juga masyarakat untuk membantu menerapkan pola asuh dan pola didik yang tepat bagi generasi selanjutnya.