Permainan Anak-Anak Sebagai Stimulasi Taman Bacaan Masyarakat

Menyikapi minat baca masyarakat yang rendah di wilayah perkotaan, TBM sudah seyogyanya melakukan terobosan-terobosan untuk merangsang minat baca masyarakat. Sebelum sampai pada pembiasaan membaca itu sendiri, TBM harus dapat merangsang masyarakat untuk datang ke taman bacaan itu sendiri.

Salah satu cara untuk merangsang masyarakat khususnya anak-anak untuk mau datang ke  lokasi TBM adalah dengan mengadakan permainan-permainan yang menyenangkan. Mengutip pemikiran Ki Hadjar Dewantara, beliau mengatakan bahwa di dalam hidup kanak-kanak permainan itu mempunyai kedudukan dan arti yang sangat penting. Selama kanak-kanak tidak tidur atau tidak sedang melakukan sesuatu pekerjaan yang pasti, maka ia bermain-main. Boleh dikatakan, bahwa permainan itu mengisi sepenuhnya hidup anak-anak, mulai ia bangun sampai tidurnya pula, sehari terus.  Jumlah permainan anak banyak sekali, boleh dibilang tak terhitung, karena selain permainan-permainan yang lama senantiasa bertambah permainan-permainan baru.

Jadi, permainan secara natural merupakan daya tarik paling kuat untuk mengundang anak-anak datang ke suatu tempat termasuk TBM. Lebih baik lagi bila TBM memiliki lahan yang cukup luas atau taman sebagai tempat anak-anak bermain. Sehingga mereka dapat mengekspresikan diri secara bebas. Bila sudah terbentuk pola kebiasaan mereka untuk datang ke  TBM, inilah saatnya pengelola TBM mengenalkan wacana kepada mereka. Bisa melalui sesi mendongeng atau pemutaran film.  Dapat pula diadakan kuis-kuis yang memancing rasa ingin tahu anak dengan metode token ekonomi. Yang dapat menjawab dapat hadiah ! Isi kuis berdasar pada pengetahuan yang ada di dalam buku-buku yang disediakan di TBM.  Dengan cara ini diharapkan partisipan TBM yang sebagian besar anak-anak akan meningkat dengan memoles sistem TBM yang lebih ramah, seru dan menyenangkan.

Advertisements

Leave a comment

Filed under Zedutopia Program Belajar Khusus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s