Klasifikasi Kesulitan Belajar

Membuat klasifikasi kesulitan belajar tidak mudah karena kesulitan belajar merupakan kelompok kesulitan yang heterogen. Tidak seperti tunarungu, tunanetra, atau tunagrahita yang bersifat homogen, kesulitan belajar memiliki banyak tipe yang masing-masing memerlukan diagnosis dan program pembekalan peran yang berbeda-beda.

Identifikasi terhadap tipe kesulitan belajar adalah hal yang mutlak dilakukan untuk mengenali kesulitan belajar apa yang dialami oleh anak. Apabila identifikasi tipe kesulitan belajar dilakukan dengan tepat, maka guru dapat mendesain program pembelajaran yang tepat bagi setiap tipe kesulitan belajar yang dialami anak.

Secara garis besar kesulitan belajar dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok yaitu :

1. kesulitan belajar yang berhubungan dengan perkembangan (developmental learning disabilities) dan

2. kesulitan belajar akademik ( academic learning disabilities).

Kesulitan belajar yang berhubungan dengan perkembangan mencakup gangguan motorik dan persepsi, kesulitan belajar bahasa dan komunikasi dan kesulitan belajar dalam penyesuaian perilaku sosial.

Kesulitan belajar akademik menunjuk pada adanya kegagalan-kegagalan pencapaian prestasi akademik yang sesuai dengan kapasitas yang diharapkan. Kegagalan-kegagalan tersebut mencakup penguasaan keterampilan membaca, menulis dan/atau matematika.

Meskipun beberapa kesulitan belajar yang berhubungan dengan perkembangan sering berkaitan dengan kegagalan dalam pencapaian prestasi akademik, hubungan antara keduanya tidak selalu jelas. Ada anak yang gagal dalam belajar membaca yang menunjukkan ketidakmampuan dalam fungsi-fungsi perseptual motor, tetapi ada pula yang dapat belajar membava meskipun memiliki ketidakmampuan dalam fungsi-fungsi perseptual motor.

Referensi : Abdurrahman, Mulyono. Anak Berkesulitan Belajar Teori Diagnosis Dan Remediasinya. Jakarta : Rineka Cipta, 2012.

Leave a comment

Filed under Zedutopia Program Belajar Khusus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s