Egosentris Anak Batita

Oleh : Zaitu Asrilla

Periode usia 18 bulan hingga 24 bulan adalah masa-masa yang sangat menakjubkan. Ada banyak kejutan yang ditampilkan si kecil dalam setiap perilakunya, termasuk perilaku cerdas yang menjengkelkan. Memasuki usia 18 bulan, si batita sudah mulai menunjukkan ke-Aku-annya. Mereka bahkan sudah mulai memperlihatkan rasa kepemilikan terutama terhadap orang terdekat atau mainan kesayangannya.

Si batita akan mulai menunjukkan keinginan dan berkeras terhadap keinginan tersebut terutama bila keinginannya dihalangi. Tak jarang, tantrum terjadi akibat si kecil gagal mendapatkan apa yang diinginkannya. Buat si batita, semua hal terpusat pada dirinya, terutama perhatian ibunya. Tak jarang si kecil marah atau menangis bila ibu berdekatan dengan anak lain atau memberikan perhatian lebih pada kakaknya atau anggota keluarga lain. Si batita masih jarang mau berbagi dan dapat menunjukkan rasa marah jika ada orang lain yang ingin ikut memainkan mainannya.

Periode ini akan terlampaui dengan sendirinya dan anak akan belajar berbagi jika orang tua dan anggota keluarga lainnya rajin memberikan stimulasi sosial dan mengajarkan anak berbagi. Bahaya terjadi apabila orang tua tidak memberi kesempatan anak untuk bersosialisasi dan menjadikan anak “center of the universe” dalam periode yang panjang. Bila hal demikian terjadi, egosentris anak akan terpupuk hingga usia lebih besar dan dapat membentuk anak menjadi pribadi yang egois. Oleh karenanya, walaupun periode egosentris adalah alami dilampaui pada masa batita, stimulus sosial yang mengajarkan batita untuk berbagi tetap harus dilakukan agar anak dapat belajar berbagi dan memiliki keterampilan sosial sesuai dengan usianya.

Advertisements

Leave a comment

Filed under Zedutopia Program Belajar Khusus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s