Membangun Hobi Membaca Itu Mudah

Sulitkah membuat anak hobi membaca ? Ternyata tidak ! Membangun hobi membaca pada anak itu mudah.

Hobi membaca pada anak dapat dibangun sejak dini, sejak mereka bayi. Pada saat bayi mulailah memperkenalkan anak pada buku-buku yang berbahan halus seperti bahan kain dengan warna dan gambar-gambar yang cerah.

Ketika anak sudah mulai dapat membaca, biasakan anak untuk mengeksplorasi segala pertanyaan dan rasa ingin tahunya melalui buku. Lebih mudah lagi bila orang tua di rumah juga memiliki budaya membaca.

Ijinkan anak untuk memilih sendiri buku yang menarik minatnya. Ajarkan anak untuk menabung agar dapat membeli buku kesukaannya. Berikan waktu yang leluasa pada anak untuk membaca di rumah.

Satu lagi yang menjadi dilema di era teknologi sekarang ini. Ketika komputer (apapun jenisnya) masuk ke dalam rumah maka akses tak terbatas pada game dan internet tidak terelakkan. Lebih-lebih lagi setelah teknologi tinggi ini terintegrasi pada alat komunikasi semacam HP. Atau komputer tablet yang bisa ditenteng-tenteng kemana-mana dan dapat diakses dengan mudah oleh anak-anak.

Memang, multimedia memberikan kemewahan audiovisual tak berbatas pada anak-anak. Pastinya bentuk audio visual dalam multimedia yang ditampilkan jauh lebih menarik ketimbang deretan kata-kata atau gambar-gambar statis di dalam buku. Namun, tahukah para orang tua bahwa terlalu banyak memberi akses pada anak terhadap gadget multimedia dapat melumpuhkan kreativitas anak ? Membangun rasa malas “berimajinasi” karena tampilan imajinatif tadi sudah ditayangkan begitu rupa dihadapan anak. Anak lebih  banyak belajar untuk “copy paste” ketimbang menggali ide dan gagasannya yang orisinil. Belum lagi masalah efek radiasi barang elektronik dan masalah “backpain” yang sekarang sudah banyak diderita anak-anak.

Maka, buku dari jaman “jadul” yang lahir jauh sebelum teknologi multimedia ditemukan tetap menjadi jawaban ketika seseorang mencari gerbang ilmu pengetahuan. Karena pada saat membaca, otak akan terangsang untuk berpikir dan menganalisa, membayangkan sesuatu yang abstrak. Yang dapat menggali imajinasi dan kreatifitas anak.

Oleh karenanya, membangun hobi baca pada anak tetap menjadi penting. Membangun hobi membaca pada anak adalah dengan mengeksplorasi minat dan rasa ingin tahunya melalui buku, sehingga muncul rasa suka dan kebutuhan untuk mendapatkan jawaban-jawaban melalui buku.

Usaha ini juga menjaga kita para orang tua, agar kita yang hidup dijaman serba online dan multimedia ini tetap ingat bahwa teknologi “tinta dan kertas” yang melahirkan orisinalitas gagasan sehingga lahir teknologi canggih seperti saat ini.

Penulis, Asrillanoor.

 

Advertisements

Leave a comment

Filed under Zedutopia Program Belajar Khusus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s