PROFESI EKSKLUSIF : IBU RUMAH TANGGA

Ibu rumah tangga, sebuah profesi yang seringkali diabaikan karena dianggap tidak memberikan kontribusi ekonomi di dalam sebuah keluarga. Keberadaan profesi ibu rumah tangga beserta hak dan kewajibannya dianggap sebagai suatu “hukum alam” yang secara “alamiah” memang harus dikerjakan oleh ibu rumah tangga.

Profesi ibu rumah tangga memegang peranan sangat penting di dalam keluarga. Bayangkan, segala macam pekerjaan mulai dari urusan dapur, mengasuh dan mendidik anak, melayani kebutuhan suami dan keluarga , mengasuh dan merawat anak, hingga urusan-urusan bertetangga dan keluarga besar lainnya.

Tingkat ekonomi suatu keluarga akan sangat berpengaruh pada berat ringannya pekerjaan ibu rumah tangga. Keluarga yang memiliki penghasilan cukup biasanya mampu membagi tugas-tugas rumah tangga dengan membayar pekerja rumah tangga yang dapat meringankan beban kerja ibu rumah tangga. Walaupun demikikan hal ini tidak mutlak, karena mencari pekerja rumah tangga yang baik dan jujur bukanlah perkara mudah dan harus diiringi kesabaran dan pengertian membina pekerja yang ditempatkan di dalam rumah.

Keadaan menjadi lebih sulit bagi keluarga dengan penghasilan pas-pasan dan kurang. Karena tidak ada budget tambahan untuk membayar pekerja maka pekerjaan rumah tangga akan jatuh pada ibu rumah tangga yang biasanya memilih untuk di rumah. Apalagi dengan kondisi ekonomi akhir-akhir ini yang membuat ruang gerak ibu rumah tangga semakin sempit. Kenaikan harga sembako dan transportasi tidak diiringi dengan kenaikan pendapatan keluarga. Akibatnya, ibu rumah tangga mengalami beban kerja yang menumpuk dan dirunding masalah ekonomi. Masalahnya, pekerjaan rumah tangga tidak dapat dielakkan karena merupakan bagian tanggung jawab ibu rumah tangga untuk merawat keluarganya.

Seringkali, keluhan ibu rumah tangga akan berat beban kerja ditimpali dengan nasehat agar sabar, lapang dada dan menerima nasib. Satu pihak, nasehat ini tidak keliru tetapi tidak memberikan solusi atas masalah yang dialami oleh ibu rumah tangga. Seharusnya, profesi ibu rumah tangga memiliki nilai produktivitas, ekonomis dan edukasi terhadap keluarga, sehingga tenaga dan pikiran yang dicurahkan oleh ibu rumah tangga kepada keluarganya tidak terbuang percuma sehingga hanya menjadi sebuah rutinitas yang melelahkan belaka.

Profesi ibu rumah tangga harus diolah secara cerdas sehingga pelakunya tidak hanya merasa dieksploitasi oleh keluarga tetapi juga mendapat manfaat meteril dan imateril dari profesinya. Apabila ibu rumah tangga mampu memainkan peranan produktif,ekonomis dan edukatif di dalam keluarnya maka profesi ibu rumah tangga tidak hanya mampu mengurangi beban ekonomi keluarga sebaliknya memberikan nilai plus ekonomi dalam keluarga.

Tidak dapat dipungkiri, keluarga adalah sebuah tim. Didalam tim yang sukses diperlukan suatu kerja sama yang baik. Peran suami dan anak perlu diberdayakan dan dioptimalkan. Dalam hal ini, ibu rumah tangga harus mampu menjadi fasilitator bagi anak-anak, suami, keluarga dan lingkungannya untuk menciptakan tim yang dapat bahu membahu bekerja sama mewujudkan keluarga yang produktif, ekonomis dan edukatif.

Asrillanoor, Penulis

Advertisements

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s